Bagaimana Membuat Website Tanpa Harus Jadi Master Coding dalam 5 Langkah Mudah

Bagaimana Membuat Website Tanpa Harus Jadi Master Coding dalam 5 Langkah Mudah
by

Blogging dulunya adalah cara yang dilakukan seseorang untuk menuliskan apa yang menjadi bidang ketertarikannya dan ingin membaginya kepada para pengguna internet. Bisa dibilang, blogging dulu lebih mirip seperti diary online. Tapi sekarang ternyata dengan menulis artikel di blog seseorang bisa mendapatkan penghasilan dari berbagai jalur misalnya pemasangan iklan hingga menjadi influencer untuk brand-brand yang mulai melek dengan untungnya menerapkan digital marketing.

Blogging jadi asik karena aktivitas ini pada dasarnya bisa dilakukan oleh semua orang bahkan termasuk Anda. Anda bisa bebas menulis artikel di kala waktu senggang mengenai hal-hal yang menjadi hobi Anda, ingin mengutarakan opini terhadap sebuah isu, bahkan menjual barang dengan membangun brand awareness terhadap target konsumen Anda. Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja adalah dengan membuat website Anda sendiri.

Kalau ada yang bilang bikin website sendiri artinya Anda harus bisa bahasa pemrograman, coding, dan teman-temannya yang lain mungkin dia masih hidup di jaman batu. Karena pada kenyataannya sekarang ini Anda bisa membuat website sendiri tanpa harus belajar bertahun-tahun mengenai coding, desain, dan sebagainya baik di perguruan tinggi, tempat kursus, atau belajar sendiri.

Sudah bisa bikin website sendiri, tidak perlu bayar lagi, enak bukan hidup di jaman era digital sekarang ini? Maka dari itu kali ini akan diberikan langkah-langkah untuk membuat website Anda sendiri tanpa biaya yang mahal, hanya butuh modal komputer atau laptop, dan pastinya biaya untuk koneksi internet. Tidak butuh waktu lama karena tutorial membuat website pribadi ini bisa Anda lakukan kurang dari satu jam.

Langkah 1: Memilih platform yang tepat

Mulai tahun 2000-an ketika internet sudah mulai merebak di masyarakat dunia, membuat website artinya Anda harus menjadi master di bidang HTML, CSS, dan PHP. Bahkan mereka yang sudah belajar bertahun-tahun pun belum tentu bisa buat website online yang bagus. Sekarang, para web master lebih suka menggunakan CMS atau Content Management System  atau platform website yang secara sederhana bisa juga diibaratkan sebagai kerangka dari website yang akan Anda buat.

Lalu CMS yang seperti apa yang paling cocok untuk Anda yang masih pemula? Tentu yang gampang diutak-atik, user-friendly, dan pastinya gratis. Untuk soal satu ini jangan khawatir karena CMS yang bagus sekarang sudah bisa digunakan secara gratis. CMS yang paling direkomendasikan untuk membuat website pribadi dan paling banyak dipakai orang adalah CMS WordPress.

Kenapa harus WordPress? Cara membuat website dengan menggunakan CMS WordPress sangat cocok untuk website pribadi, perusahaan, atau website jualan. Dia gratis, banyak komunitas yang memberikan tips dan trik cuma-cuma, WordPress juga fleksibel termasuk memilih desain dari ribuan tema yang bisa Anda unduh gratis, dan Anda tidak perlu belajar coding yang bisa makan waktu bulanan hingga tahunan.

Langkah 2: Pilih nama domain dan dapatkan hosting

Sebelum Anda mengunduh CMS WordPress atau platform website apapun yang Anda putuskan untuk dipakai, tentukan nama domain dan pilih web hosting bisa gratis, ada juga yang berbayar. Domain adalah nama dari website pribadi Anda nantinya sedangkan web hosting adalah tempat untuk menyimpan data yang ada pada website Anda.

Cara membuat website yang stabil dan nyaman untuk dibuka orang dipengaruhi oleh cara Anda dalam memilih jasa hosting yang kini sudah bisa ditemukan banyak di internet. Anda bisa cari tahu sendiri apa yang harus diperhatikan dalam memilih jasa hosting tapi pada prinsipnya adalah:

–       Pilih yang fitur spesifikasinya pas dengan kebutuhan Anda misalnya kapasitas bandwidth, waktu downtime, dan sebagainya.

–       Pemilik hosting yang siap memberikan pelayanan dan juga panduan apabila sewaktu-waktu Anda membutuhkan terutama ketika website mengalami masalah.

–       Kompatibel dengan website platform yang Anda gunakan

 

Memilih nama domain untuk website pribadi Anda bisa jadi langkah cara membuat website yang menyita banyak waktu karena nama yang Anda pilih haruslah pas. Jika website yang dibuat adalah untuk keperluan bisnis, nama domain yang sesuai dengan nama perusahaan atau brand Anda bisa jadi pilihan misalnya www.newclothing.com, atau menggunakan nama Anda sendiri jika website untuk kepentingan blogging pribadi misalnyawww.adiekusumablog.com . Atau bisa juga memilih nama dengan syarat berikut ini:

–       Brandable. Artinya nama website Anda bisa memberikan efek branding yang unik dan membuat orang teringat dengan website Anda ketika ingin mencari sesuatu.

–       Gampang diingat. Nama domain atau website yang gampang diingat akan memudahkan orang untuk hapal bisa mengetikkan langsung di tab URL pada browser tanpa harus googling dulu.

–       Catchy. Menemukan nama domain yang catchy bisa jadi memusingkan karena Anda harus punya sesuatu yang baru di antara jutaan nama domain lainnya, tapi jangan menyerah!

Langka 3: Saatnya mengulik website Anda

Ini dia langkah yang paling menyenangkan yaitu membuat website Anda siap online dan membuatnya tampil menarik seperti layaknya ketika Anda mendekorasi sebuah rumah. Setelah mendapatkan domain dan hosting, cara membuat website selanjutnya adalah menginstall CMS atau platform yang Anda pilih (dalam contoh ini WordPress) ke domain Anda.

1.     Menginstall WordPress

Cara pertama untuk melakukan instalasi CMS WordPress untuk web online Anda adalah melalui fitur yang disediakan oleh web hosting yang Anda gunakan. Fitur “1-click-installation” ini biasanya ada di Control Panel di akun hosting Anda lalu pilih domain yang akan diinstallkan CMS, kemudian klik “install now” atau “install sekarang”.

Cara yang kedua adalah cara manual kalau web hosting Anda tidak menyediakan fitur instalasi langsung. Ini dia caranya:

–        Unduh CMS dari halaman WordPress di sini lalu unzip file yang sudah terunduh

–       Cari file dengan nama wp-config-sample.php, ganti dengan nama wp-config.php

–       Buka file .php tersebut dengan menggunakan Notepad dan isi dengan baris ini:

Ø  define(‘DB_NAME’, ‘nama_database_Anda); – Nama database (kalau tidak tahu, Anda bisa tanya dari CS hosting Anda)

Ø  define(‘DB_USER’, ‘username_Anda); – Username hosting bisa didapat dari kontak CS hosting

Ø  define(‘DB_PASSWORD’, ‘password_Anda); – Password juga bisa diminta di web hosting.

–       Log in ke akun FTP hosting Anda (bisa dengan mengunduh FileZilla) dengan menggunakan akun hosting Anda. Unggah semua file yang ada di folder WordPress Anda ke akun FTP Anda.

–       Masuk ke halaman yourdomain.com/wp-admin/install.php untuk mengisi form online-nya dan klik “install WordPress”.

2.     Memilih tema atau template untuk web online (img 3)

Inilah keuntungan lainnya menggunakan CMS WordPress, Anda bisa mendapatkan tampilan website yang profesional dan terlihat mahal padahal Anda mengunduhnya gratis. Ada ribuan tema gratis yang bisa Anda pasang untuk menjadi desain website Anda yang dibuat oleh para desainer dan membagikannya untuk semua pengguna WordPress. Tentu ada juga yang berbayar dengan fitur lebih banyak  dan desain yang lebih eksklusif.

Ketika proses instalasi WordPress sudah selesai, Anda akan mendapati sebuah halaman website yang bersih dan polos, pilih mana desain tema dan layout yang menurut Anda paling enak untuk dibaca pengunjung dan pas dengan branding yang sedang Anda bangun.

Masuk ke dashboard WordPress Anda

Langkah pertama untuk cara membuat website dan memilih tema yang paling pas dengan keinginan Anda adalah masuk ke bagian Dashboard melalui akun WordPress Anda. Atau bisa mengetikkan URL http://namadomainAnda.com/wp-Admin  yang akan membawa Anda masuk ke halaman utak atik website termasuk kalau ingin menambahkan plugin, widget, dan sebagainya.

Dapatkan tema gratis

WordPress menyediakan ribuan tema gratis yang bisa langsung diinstall di tab Appearance, lalu klik Themes. Anda akan menemukan ada banyak sekali desain web yang dibuat oleh para profesional untuk membuat tampilan website yang lebih modern dan user-friendly. Atau bisa juga Anda mengambil tema dari situs-situ tema WordPress lain untuk menemukan desain tema yang lebih eksklusif dan cocok dengan keinginan Anda.  

Dalam memilih tema baik yang gratis atau yang bayar, Anda bahkan bisa mencarinya berdasarkan keyword tertentu misalnya “clean” untuk desain yang lebih bersih dan cenderung polos, atau “cat” kalau Anda ingin website Anda bertema kucing. Bisa juga memilih tema yang responsif, artinya ia sudah dibuat dengan lebih profesional sehingga web Anda bisa dibuka dengan layout yang menyesuaikan dengan gadget yang digunakan misalnya dengan komputer atau mobile.

Installasi tema pilihan

Pada setiap tema yang sudah Anda pilih akan ada tombol “install” yang bisa langsung Anda klik untuk memasang tampilan tema tersebut menjadi tampilan dari website pribadi Anda. Jangan khawatir, karena nantinya Anda bisa menggonta-ganti tema website secara rutin atau sesuai dengan mood Anda. Mengganti tema lama dengan yang baru tidak akan menghilangkan konten dan data yang ada di website Anda kok.

3.     Mengisi website dengan konten dan menambah halamannya

Konten dari sebuah website adalah hal yang sangat menentukan bagi pengunjung untuk mebaca postingan dari awal sampai selesai, lanjut ke artikel berikutnya, atau justru kabur dan enggan balik ke website Anda lagi. Cara membuat website untuk mengisi konten yang bisa  membuat pengunjung betah dan balik lagi adalah dengan memastikan konten dan layout website pribadi Anda enak dibaca manusia, bahasanya pas dengan target pengunjung, dan tidak lola alias loading lama.

Mengisi dan mengedit halaman

Isi navigasi website Anda dengan halaman-halaman yang esensial untuk sebuah website dan memudahkan pengunjung untuk menemukan informasi yang dicari tanpa harus mengobrak abrik halaman postingan Anda. Pada contoh gambar, halaman utama dari website tersebut adalah Home, Features, Portfolio, Blog, About, Store, dan lainnya.

Anda juga bisa menambahkan halaman sesuai dengan isi dari website Anda misalnya kalau mengenai traveling maka buatlah halaman yang merujuk pada objek wisata yang ada di masing-masing daerah. Cara menambahkan halaman di situs Anda adalah:

–       Di Dashboard akun WordPress Anda, cari menu Pages kemudian klik Add New

–       Di halaman ini Anda bisa membangun halaman situs sesuai dengan keinginan Anda, bisa juga menambahkan gambar.

–       Simpan hasil utak atik Anda dengan mengklik Update

–       Lalu pindah ke tab Appearance dan klik Menu

–       Temukan halaman yang ingin Anda tambahkan ke navigasi, centang halaman pilihan Anda, klik Add To Menu

–       Kemudian atur urutan tata letak halaman yang ditambahkan dan simpan pengaturan dengan klik Save Menu.

Menambahkan postingan

Mengelompokkan postingan website Anda berdasarkan dengan kategorinya tentu akan jadi fitur yang bermanfaat bagi pengunjung. Pengunjung bisa mengeksplor website Anda dengan membaca artikel yang topiknya berada di dalam satu kategori yang bisa menimbulkan perasaan penasaran bagi pengunjung untuk klik lagi, lagi, dan lagi.

Untuk mengelompokkan postingan blog ke dalam kategori-kategori tertentu, ada dua caranya. Yang pertama adalah dengan  masuk ke tab Posts di Dashboard Anda kemudian tambahkan kategori yang ingin ditampilkan di menu website Anda dan buat postingan dari situ (klik Posts >> Categories).

Cara yang kedua adalah dengan membuat postingan blog terlebih dahulu, setelah selesai baru masukkan postingan Anda ini ke kategori yang sudah dibuat sebelumnya agar muncul di menu website yang bisa dilihat oleh para pengunjung (klik Posts >> Add New).

Kustomisasi dan ulik sana sini

Satu hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan template tema yang disediakan dan tinggal install adalah Anda berbagi tema dan desain yang sama dengan ribuan pemilik website lainnya, biasanya tema yang gratis lebih banyak yang menggunakan. Tentu hal ini jadi kelemahan apalagi kalau Anda sedang cari cara membuat website yang digunakan untuk usaha atau jualan online. Menggunakan model toko yang sama dengan toko yang sudah ada tentu nampak tidak profesional bukan?

Maka dari itu bedakan desain website Anda dengan web lainnya dengan melakukan kustomisasi sana sini. Cara untuk membuat tampilan web gratis yang unik dan terlihat lebih profesional bisa Anda temukan banyak trik dan tweak-nya di internet. Berikut adalah beberapa hal umum yang bisa Anda kerjakan untuk awalannya:

–       Mengganti judul halaman sesuai dengan target keyword, namun dibuat semanusia mungkin, bukan untuk dibaca oleh mesin. Misalnya halaman WikiHow berikut ini  memiliki judul halaman yang jelas, dan memancing orang untuk membuka linknya yaitu “How To Make A Website: Designing, Building, and Testing”.

–       Untuk mengganti judul halaman ini Anda bisa masuk ke tab Settings di Dashboard Anda dan masuk ke General Settings.

–       Anda mungkin ingin membuat halaman depan Anda tidak tampak seperti blog yang kontennya akan berganti setiap kali ada postingan artikel yang baru. Untuk memberikan kesan yang lebih profesional, pasang tampilan depan yang statis yang tidak akan berganti meski ada postingan baru. Caranya adalah Settings >> Reading >> pilih halaman statis yang ingin Anda tampilkan di paling depan. (img 6)

–       Kebanyakan tema WordPress memiliki menu sidebar pada bagian samping kanan atau kiri. Anda bisa menambah atau menghilangkan menu yang Anda anggap tidak perlu dengan masuk ke Appearance >> Widget >> drag and drop mana item yang mau ditambah atau dihapus.

4.     Installasi plugins

Misalnya Anda beli rumah yang masih kosong dan hanya ada perabotan standar saja, tentunya ingin menambah hal-hal lain agar rumah yang dibeli jadi makin fungsional yang nyaman. Mulailah menambahkan kamar mandi dengan showerhead atau bathtub, pasang internet dan tv kabel, mengganti cat eksterior, menata kebun dan menambah kolam renang, dan sebagainya. Itulah arti dari plugins, yaitu ekstensi untuk menambah fitur dan fungsi yang tidak disediakan oleh WordPress.

Untuk menginstall plugins, Anda bisa masuk ke Plugins >> Add New kemudian cari mana plugin yang ingin Anda gunakan. Misalnya plugin untuk menambah galeri foto, plugin untuk optimasi website, dan plugin untuk membuat website Anda jadi sebuah toko online.

Website berbasis WordPress Anda pun siap untuk diluncurkan! Tutorial cara membuat website di atas adalah tutorial dasar untuk setidaknya mengisi website Anda dengan hal-hal paling dasar. Masih banyak lagi yang bisa Anda lakukan karena WordPress sangat fleksibel untuk hal kustomisasi, selamat online!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *